“Yesterday Is History, Tomorrow Is Mystery, Today Is A Gift.”


Yesterday Is History, Tomorrow Is Mystery, Today Is A Gift.”

Mengawali sebuah judul blog ini saya ambilkan dari sebuah judul filem serial “kungfu panda”
Kelihatannya kalimat itu sederhana. Tapi kalau dipikir-pikir, benar juga ya. Rasanya saya jadi punya kekuatan lebih setelah mendengar kalimat itu. Ajaib ya? Cuma kata-kata dalam film tapi bisa membuat orang menjadi lebih kuat.

Tidak banyak orang yang sanggup memanfaatkan hidup secara maksimal. Umur yang panjang kadang-kadang hanya lewat begitu saja tanpa kita berbuat hal yang berarti. Waktu berjalan cepat. Tanpa terasa tahu-tahu kita sudah tua. Tapi, coba apa Anda pernah berpikir begini, ”apa saja ya yang sudah saya dapat sampai detik ini? Hal hebat apa yang sudah pernah saya raih?”

Well, well, well. Inilah saatnya kita beresolusi. Hmmm, harus ada waktu untuk kita berhenti sejenak dari segala aktivitas. Dan, kita buat sederet panjang pertanyaan yang harus kita ajukan pada diri kita sendiri. Ya, buat angket untuk diri kita sendiri. Dan hanya kita yang harus menjawab semua pertanyaan yang ada. Di sini akan ketahuan, apakah kita sudah hidup sesuai kemauan kita? Sudah berhasilkah kita?

Kita harus jujur pada diri sendiri. Kalau memang kita sudah memboroskan waktu sia-sia, jangan takut untuk mengakui. Kalau memang terlalu banyak kesalahan yang kita perbuat, ya kita boleh menyesal. Tapi, menyesal saja tidak cukup. Kita masih punya waktu ke depan. Waktu yang masih menjadi misteri. Misteri itu hanya kita yang bisa memecahkan. Tinta mana saja yang akan Anda torehkan di lembar-lembar kosong kita?

Di dalam Surah Al-Ashr Allah SWT Berfirman:
إِنَّ الإنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (٢)

2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,

Begitu pula yang terjadi dalam bisnis. Sepanjang apa bisnis Anda sudah berjalan? Target apa yang sudah berhasil dicapai? Apa saja kesalahan yang pernah terjadi dalam bisnis Anda? Kegagalan apa yang tak pernah Anda lupakan?

Yesterday is history. Artinya, kita harus belajar dari apa yang sudah terjadi. Kalau kemarin Anda gagal menjual 100 produk, bukan berarti besok Anda akan gagal lagi. Today is a gift. So, selama Anda mampu memanfaatkan hari ini sebaik mungkin, saya percaya misteri bisnis Anda ke depan tidak akan membuat Anda khawatir.

Kalau hari ini Anda bangkrut. Hutang perusahaan membumbung tinggi. Semua harta sudah disita bank. Apa yang akan Anda lakukan? Sedih boleh, marah boleh, uring-uringan juga boleh. Tapi, asal produktif. Meluapkan perasaan, emosi itu kadang-kadang bagus juga untuk kesehatan. Asal, jangan kebablasan.
Sebab Allah SWT berfirman dalam surah al-insyirah:
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (٦)
6. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
Selebihnya, lebih baik manfaatkan hadiah yang diberi Tuhan untuk Anda. Bersyukurlah hari ini Anda masih diberi waktu, masih diberi hidup. Artinya, Anda masih punya kesempatan untuk bangkit lagi. Meski tertatih-tatih, Anda tidak boleh hilang kendali. Saat-saat sulit hari ini akan berbuah manis di masa yang akan datang. Percayalah. Tuhan bukan cuma menguji kesabaran Anda, tapi juga menguji kreativitas Anda. Pengalaman adalah guru yang terbaik. Belajarlah dari sana. Kalau Anda pernah berhasil, saya yakin Anda bisa lebih berhasil lagi.

Bisnis adalah sebuah seni. Menikmati seni berarti merasakan keindahan. Bukan cuma saat-saat sukses saja yang harus Anda nikmati, tapi kegagalan juga. Kalau sudah begitu, Anda akan tahu bagaimana indahnya kehidupan. Ingat, tanpa rasa sakit kita tidak akan tahu bagaimana rasanya senang. Benar begitu?

Persaingan di Era moderen ini agaknya adalah sesuatu yang sangat di cari dan diminati di setiap lembaga pendidikan, bisa kita lihat tingkat mahasiswa di setiap Universitas Di seluruh jakarta meningkat pesat dari tahun ke-tahun, Tapy coba kita tengok sejenak ke belakang bagaimana Nasip para mahasiswa kita…?? Sebagian mereka menganggur Dan hanya mengandalkan ijazah Hasil kuliyahnya saja buat mencari pekerjaan, Memang ada yang Berhasil Namun Bisa dihitung dengan Jari, Inilah Sebuah misteri kehidupan, Kalu kita mau menjadi Orang yang berhasil maka kita harus merubah cara berfikir kita bahwa perkuliyahan tidak menyediakan lapangan pekerjaaan, tapi diperkuliyahan banyak yang kita dapatkan untuk menciptakan  sebuah peluang Lapangan pekerjaan.

Dalam agama kita (islam) sudah banyak dijelaskan bahwa Orang yang berilmu Derjatnya akan Lebih tinggi itu bennar, Namun satu hal kita juga harus lihat,  islam sendiri memandang sebuah usaha yang dengan usaha ini seseorang akan mencapai hasil yang maksimal,  ada Sebuah MAQOLA:  ” Al-AJRU BIQODRITTA’AB ” (Keberhasilan Seseorang itu Di tentukan Seberapa Besar Usahanya)

Timbulah pertanyaan sudah seberapa besarkah usaha kita…? Sudah berapa %  usah yang kita lakukan..? Jika masih belum  atau Masih  50 % mari kita  tingkatkan / kita lakukan hari ini juga..! ” Sebab Esok adlah Misteri dan Kemarin Adalah Sejarah Sekarang adalah Masa Depan ( Kado Dary Tuhan ) “.

Jadi Jangan sia-siakan kesempatan di hari ini,  karena hari ini tak akan datang kembali, sebab pepatah mengatakan ” KESEMPATAN TIDAK DATANG DUA KALI “.

Akan tetap menjadi sesuatu yang menguatkan Anda,
bila Anda tidak mengijinkannya untuk melemahkan Anda.

Maka mulailah dari tempat di mana Anda berada, dan mulailah sekarang.

Anda sampai, hanya karena Anda berangkat.

Dan ingatlah, Bahwa Batas waktu itu dibuat bukan karena Anda harus selesai, tetapi karena Anda harus segera memulai.

Dan setelah pengertian ini mendapatkan tempat yang kuat di hati Anda, perjelaslah bagi diri Anda sendiri, bahwa
Keberhasilan Anda ada pada tempat yang lebih tinggi dari yang sedang Anda kerjakan sekarang.

Kemudian,
janganlah berlaku seperti orang yang mengeluhkan apa saja yang tidak terlihat di dalam sebuah gambar,

Berfokuslah pada yang telah jelas terlihat,
karena dari sana lah Anda mencapai tempat-tempat yang belum terlihat bahkan oleh imajinasi Anda.
Lalu bekerja keraslah dalam kedamaian bahwa Anda telah melakukan yang benar.

Janganlah berupaya menjelaskan mengapa Anda tidak mencapai yang belum Anda capai.
Bekerjalah untuk mencapai yang telah jelas bagi Anda.
Maka, Mulailah keberhasilan Anda dari mana pun Anda berada.

Mario Teguh menjelaskan makna sukses dan cara membangun motivasi diri.

Secara sederhana sukses adalah bagaimana kita keluar dari comfort zone kita dan mencoba menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dengan definisi ini Anda akan melihat begitu banyak kesuksesan yang bisa Anda lihat pada diri Anda. Kalau kemarin Anda baru bisa membantu satu orang, hari ini Anda bisa membantu dua dan besok Anda bisa membantu lebih banyak lagi, maka anda sukses. Dengan perasaan yang positif mengenai kesuksesan yang pernah Anda raih, maka Anda akan merasa semakin sukses dan semakin percaya diri dengan cita-cita, visi dan misi hidup Anda.

“Imam Ibnu ‘Atha’illah”

Mengatakan, “Tanamkanlah ujudmu dalam bumi yang sunyi sepi, karena sesuatu yang tumbuh dari benda yang belum ditanam, tidak sempurna hasilnya.” Sehingga ada pertanyaan, bagaimana memupuk rasa rendah hati dalam diri kita ?

Jadi kesimpulannya semakin anda banyak mengalami sebuah kegagalan maka anda akan merasakan betapa dekatnya sebuah keberhasilan.
Semakin banyak pengalaman semakin banyak pelajaran yang anda dapatkan & semakin banyak pelajaran yang anda dapatkan maka semakin bijak langkah anda dalam menjalani kehidupan.
Sekian salam Hormat……

2 thoughts on ““Yesterday Is History, Tomorrow Is Mystery, Today Is A Gift.”

  1. Mas…. kalo menurut prinsip jurnalistik. Iki apik tenan loh…
    memulai dengan eye-catcher “yesterday is history… dst.”
    mantap-mantap…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s